Fakultas Ekonomi dan Bisnis



Fakultas Ekonomi dan Bisnis


Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang  (FE UMM) berdiri pada tahun 1964. Pada waktu itu, FE UMM hanya terdiri dari satu jurusan, yaitu Jurusan Ekonomi Perusahaan yang merupakan cabang dari Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jakarta. Kondisi negara yang 

ada saat itu telah menyebabkan terjadinya kefakuman opreasional dan baru pada tahun 1977 diaktifkan kembali.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMM memliki tiga Jurusan dan dua program studi, masing-masing Jurusan Manajemen, Jurusan Akuntansi, Jurusan Ekonomi & Bisnis Perbankan, Program Studi Diploma 3 Manajemen Keuangan Dan Perbankan, Program Studi S2 Magister Manajemen, juga segera akan dibuka S2 Magister Akuntansi dan Program Doktor Ilmu Manajemen.
Dari aspek kualitas pendidikan, dua jurusan sudah mendapatkan Akreditas “A” (Manajemen & Akuntansi), dua jurusan lain berakreditasi “B”, dan sedang terus berproses menuju peringkat akreditas tertinggi tersebut.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMM menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran yang mutakhir. Perpustakaan dan ruang baca yang memiliki koleksi buku-buku terbaru dan jurnal-jurnal hasil riset, kelas multimedia, fasilitas hotspot area, laboratorium komputer, laboratorium jurusan dan program studi, laboratorium praktik riil perbankan konvensional dan syariah, Pojok Bursa Efek Indonesia dan Tax Corner. Fasilitas fasilitas tersebut terus dikembangkan demi mewujudkan komitmen menjadi yang “terbaik” dalam penyelenggaraan pendidikan bidang ekonomi bisnis.
Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen merupakan salah satu jurusan yang sangat diminati di berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Hal ini karena lulusan Manajemen banyak dibutuhkan didunia kerja. Lulusan Manajemen banyak yang dipekerjakan sebagai staff administrasi bahkan hingga sampai manajer di bidang tertentu. Selain itu, dengan skill yang telah didapatkan, lulusan Manajemen juga bisa dapat berwirausaha dengan mandiri.
Dalam Jurusan Manajemen di Perguruan Tinggi ada 4 spesialisasi, yakni Manajemen Keunagan, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, dan Manajemen Operasional. Untuk Manajemen Operasional hanya beberapa Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan.

Manajemen Keuangan :
Seperti diketahui Manajemen Keungan mendasari kemampuan dalam mengatur keuangan perusahaan. Orang-orang yang memiliki spesialisasi Keuangan bertugas menganalisa laporan-laporan keuangan dari bagian Akuntansi di suatu perusahaan. Dari laporan ini, Orang-orang spesialisasi Keuangan dapat menganalisa Kesehatan Keuangan Perusahaan dan menetapkan strategi Keuangan. Spesialisasi ini dapat memproyeksikan peminatnya menjadi Manajer Keuangan

Manajemen Pemasaran :
Orang-orang yang memiliki spesialisasi pemasaran dapat menganalisa riset-riset pemasaran dan teknis pemsaran itu sendiri, serta dapat menetapkan langkah apa yang akan diambil untuk dapat meningkatkan dan mempertahankan produknya, serta dapat menguasai pasar. Spesialisasi ini dapat memproyeksikan peminatnya menjadi Manajer Pemasaran
Manajemen SDM :
Spesialisasi Manajemen SDM atau juga sering disebut Manajemen Personalia membekali para peminatnya dalam mengembangkan Litbang SDM di perusahaan. Orang-orang yang memiliki spesialisasi ini harus dapat mengembangkan produktivitas, pemberdayaan personalia, dan kepuasan kerja karyawannya. Spesialisasi ini dapat memproyeksikan peminatnya menjadi Manajer Personalia.

Manajemen Operasional :


Spesialisasi Manajemen Operasional dapat membekali peminatnya handal dalam mengelola standarisasi mutu, gambaran proyek, serta perancangan dan pengembangan produk. Spesialisasi Manajemen Operasional di perguruan tinggi masih jarang dan hanya ditemui di Perguruan Tinggi yang besar saja.

PROSPEK KERJA

Terdapat berbagai pilihan jenjang karir yang tersedia bagi mereka yang ingin bekerja dalam bidang manajemen. Banyak lulusan jurusan ini bekerja pada manajemen proyek atau manajemen organisasi yang bertanggung jawab untuk memastikan keamanan investasi, mengelola anggaran, memastikan kelayakan standar kesejahteraan karyawan dan mengalokasi sumber daya yang terbatas untuk mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin. Rata-rata gaji awal lulusan jurusan bisnis atau manajemen di Inggris adalah sebesar £21,007, namun besaran ini kembali bergantung pada di wilayah mana Anda bekerja.
Terdapat pilihan jenjang karir lainnya bagi mahasiswa manajemen. Sebagai bagian dari perkuliahan, mahasiswa akan mendapatkan pemahaman tentang hukum ketenagakerjaan, dan juga mengenai bagaimana berkomunikasi secara efisien dengan orang lain, hal ini yang menyebabkan lulusan jurusan manajemen sangat ideal bagi peran public relations dan peran sumber daya manusia.
Selain itu, lulusan jurusan manajemen juga memiliki keahlian organisasi yang tinggi yang akan diperlukan dalam peran administratif, dan juga perencanaan berbagai acara.


PROSES PERKULIAHAN
Jika Anda mendaftar pada program sarjana, Anda diharuskan memiliki nilai minimal 3 nilai As atau yang setara, untuk mata pelajaran seperti ekonomi, bisnis atau matematika yang berhubungan dengan jurusan manajemen. Jika Anda berencana mendaftar pada program pascasarjana, Anda diwajibkan memiliki nilai 2:1 ataupun pengalaman kerja relevan, mengingat persaingan masuk yang ketat.
Program sarjana membutuhkan waktu minimal 3 tahun dan pada sebagian universitas mahasiswa dapat memilih penempatan kerja di industri di antara tahun kedua dan ketiga untuk meningkatkan peluang penerimaan Anda. Jika terdapat pilihan ini, maka hal ini sangat patut dipertimbangkan! Selain itu juga terdapat banyak pilihan mata kuliah tersedia untuk dipelajari, yang bersifat spesialisasi di area manajemen yang berbeda-beda. Pastikan Anda memilih mata kuliah yang paling relevan dengan pekerjaan masa depan Anda.
Program pascasarjana membutuhkan waktu minimal 1 tahun, walau kembali bergantung pada tingkat perkuliahan dan apakah Anda memutuskan untuk kuliah penuh waktu atau paruh waktu. Jika Anda berencana mengambil e-commerce, namun bahasa Inggris bukan merupakan bahasa ibu Anda, maka Anda harus memiliki nilai ujian IELTS minimal 6.0-6.5 sebagai persyaratan masuk.
 


0 komentar:

Posting Komentar