Fakultas Ekonomi dan
Bisnis
Fakultas Ekonomi
Universitas Muhammadiyah Malang (FE UMM) berdiri pada tahun 1964. Pada
waktu itu, FE UMM hanya terdiri dari satu jurusan, yaitu Jurusan Ekonomi
Perusahaan yang merupakan cabang dari Fakultas Ekonomi Universitas
Muhammadiyah Jakarta. Kondisi negara yang
ada saat itu telah menyebabkan
terjadinya kefakuman opreasional dan baru pada tahun 1977 diaktifkan kembali.
Fakultas
Ekonomi dan Bisnis UMM memliki tiga Jurusan dan dua program studi,
masing-masing Jurusan Manajemen, Jurusan Akuntansi, Jurusan Ekonomi &
Bisnis Perbankan, Program Studi Diploma 3 Manajemen Keuangan Dan Perbankan,
Program Studi S2 Magister Manajemen, juga segera akan dibuka S2 Magister
Akuntansi dan Program Doktor Ilmu Manajemen.
Dari aspek kualitas pendidikan, dua jurusan sudah mendapatkan
Akreditas “A” (Manajemen & Akuntansi), dua jurusan lain berakreditasi “B”,
dan sedang terus berproses menuju peringkat akreditas tertinggi tersebut.
Fakultas
Ekonomi dan Bisnis UMM menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran yang
mutakhir. Perpustakaan dan ruang baca yang memiliki koleksi buku-buku terbaru
dan jurnal-jurnal hasil riset, kelas multimedia, fasilitas hotspot area,
laboratorium komputer, laboratorium jurusan dan program studi, laboratorium
praktik riil perbankan konvensional dan syariah, Pojok Bursa Efek Indonesia dan
Tax Corner. Fasilitas fasilitas tersebut terus dikembangkan demi mewujudkan
komitmen menjadi yang “terbaik” dalam penyelenggaraan pendidikan bidang ekonomi
bisnis.
Jurusan Manajemen
Jurusan
Manajemen merupakan salah satu jurusan yang sangat diminati di berbagai
perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Hal ini karena lulusan Manajemen
banyak dibutuhkan didunia kerja. Lulusan Manajemen banyak yang dipekerjakan
sebagai staff administrasi bahkan hingga sampai manajer di bidang tertentu.
Selain itu, dengan skill yang telah didapatkan, lulusan Manajemen juga bisa
dapat berwirausaha dengan mandiri.
Dalam Jurusan Manajemen di Perguruan
Tinggi ada 4 spesialisasi, yakni Manajemen Keunagan, Manajemen Pemasaran,
Manajemen SDM, dan Manajemen Operasional. Untuk Manajemen Operasional hanya
beberapa Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan.
Manajemen Keuangan :
Seperti diketahui Manajemen Keungan mendasari kemampuan
dalam mengatur keuangan perusahaan. Orang-orang yang memiliki spesialisasi
Keuangan bertugas menganalisa laporan-laporan keuangan dari bagian Akuntansi di
suatu perusahaan. Dari laporan ini, Orang-orang spesialisasi Keuangan dapat
menganalisa Kesehatan Keuangan Perusahaan dan menetapkan strategi Keuangan.
Spesialisasi ini dapat memproyeksikan peminatnya menjadi Manajer Keuangan
Manajemen Pemasaran :
Orang-orang
yang memiliki spesialisasi pemasaran dapat menganalisa riset-riset pemasaran
dan teknis pemsaran itu sendiri, serta dapat menetapkan langkah apa yang akan
diambil untuk dapat meningkatkan dan mempertahankan produknya, serta dapat
menguasai pasar. Spesialisasi ini dapat memproyeksikan peminatnya menjadi
Manajer Pemasaran
Manajemen SDM :
Spesialisasi
Manajemen SDM atau juga sering disebut Manajemen Personalia membekali para
peminatnya dalam mengembangkan Litbang SDM di perusahaan. Orang-orang yang
memiliki spesialisasi ini harus dapat mengembangkan produktivitas, pemberdayaan
personalia, dan kepuasan kerja karyawannya. Spesialisasi ini dapat
memproyeksikan peminatnya menjadi Manajer Personalia.
Manajemen
Operasional :
Spesialisasi
Manajemen Operasional dapat membekali peminatnya handal dalam mengelola
standarisasi mutu, gambaran proyek, serta perancangan dan pengembangan produk.
Spesialisasi Manajemen Operasional di perguruan tinggi masih jarang dan hanya
ditemui di Perguruan Tinggi yang besar saja.
PROSPEK KERJA
Terdapat berbagai pilihan jenjang karir yang tersedia bagi
mereka yang ingin bekerja dalam bidang manajemen. Banyak lulusan jurusan ini bekerja pada manajemen proyek atau manajemen organisasi yang bertanggung jawab
untuk memastikan keamanan investasi, mengelola anggaran, memastikan kelayakan
standar kesejahteraan karyawan dan mengalokasi sumber daya yang terbatas untuk
mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin. Rata-rata gaji awal lulusan jurusan
bisnis atau manajemen di Inggris adalah sebesar £21,007, namun besaran ini
kembali bergantung pada di wilayah mana Anda bekerja.
Terdapat pilihan jenjang karir lainnya bagi mahasiswa manajemen.
Sebagai bagian dari perkuliahan, mahasiswa akan mendapatkan pemahaman tentang
hukum ketenagakerjaan, dan juga mengenai bagaimana berkomunikasi secara efisien
dengan orang lain, hal ini yang menyebabkan lulusan jurusan manajemen sangat
ideal bagi peran public relations dan peran sumber daya manusia.
Selain itu, lulusan jurusan manajemen juga memiliki keahlian
organisasi yang tinggi yang akan diperlukan dalam peran administratif, dan juga
perencanaan berbagai acara.
PROSES PERKULIAHAN
Jika Anda mendaftar pada program sarjana, Anda diharuskan
memiliki nilai minimal 3 nilai As atau yang setara, untuk mata pelajaran
seperti ekonomi, bisnis atau matematika yang berhubungan dengan jurusan
manajemen. Jika Anda berencana mendaftar pada program pascasarjana, Anda
diwajibkan memiliki nilai 2:1 ataupun pengalaman kerja relevan, mengingat
persaingan masuk yang ketat.
Program sarjana
membutuhkan waktu minimal 3 tahun dan pada sebagian universitas mahasiswa dapat
memilih penempatan kerja di industri di antara tahun kedua dan ketiga untuk
meningkatkan peluang penerimaan Anda. Jika terdapat pilihan ini, maka hal ini
sangat patut dipertimbangkan! Selain itu juga terdapat banyak pilihan mata
kuliah tersedia untuk dipelajari, yang bersifat spesialisasi di area manajemen
yang berbeda-beda. Pastikan Anda memilih mata kuliah yang paling relevan dengan
pekerjaan masa depan Anda.
Program pascasarjana membutuhkan waktu minimal 1 tahun, walau
kembali bergantung pada tingkat perkuliahan dan apakah Anda memutuskan untuk
kuliah penuh waktu atau paruh waktu. Jika Anda berencana mengambil e-commerce,
namun bahasa Inggris bukan merupakan bahasa ibu Anda, maka Anda harus memiliki
nilai ujian IELTS minimal 6.0-6.5 sebagai persyaratan masuk.
0 komentar:
Posting Komentar